Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif aman pada Rabu (25/4).

"Ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter dan relatif aman untuk aktivitas di laut," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Slamet Supriyadi, Selasa.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa, Selatan Bangka, dan Utara Bangka diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 0,75 meter, sedangkan di Selat Karimata sekitar antara 0,5 sampai 0,75 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar tetap waspada selama berada di perairan mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali dari ketinggian gelombang signifikan," kata Slamet.

Disisi lain BMKG masih mengimbau agar masyarakat mewaspadai awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin pada jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 29 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan, dari Timur Laut ke Tenggara, dari Utara ke Selatan dan dari Utara ke Timur.

Pada kesempatan itu BMKG mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai yang mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung diprakirakan dapat mencapai 2,46 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,47 meter dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 2,04 meter.

Kemudian di pesisir Pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,78 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,70 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,67 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,60 meter

"Oleh karena itu kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Slamet Supriyadi.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Rabu diprakirakan cerah berawan, berawan dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di seluruh wilayah terutama pada siang sampai sore hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi hampir di seluruh wilayah Kepulauan Bangka Belitung pada pagi, siang, dan dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 31 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 100 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018