Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita mengajak masyarakat teliti sebelum membeli produk makanan dan elektronik guna mencegah peredaran barang berbahaya.

"Melalui peringatan Hari Konsumen Nasional tahun ini, kita sampaikan masyarakat lebih cerdas dan teliti sebelum membeli produk," kata Enggartiasto Lukita usai menghadiri puncak peringatan Harkonas 2018 di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan saat ini Indonesia menghadapi arus barang dari berbagai daerah dan negara yang tidak mungkin dihentikan.

Untuk itu, masyarakat harus cerdas memilih produk tersebut dengan mengetahui apakah barang tersebut sudah memiliki SNI. Seluruh penjelasan barang sudah berbahasa Indonesia dan ketentuan peredaran barang lainnya.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk memilih produk dalam negeri yang lebih berkualitas," katanya.

Menurut dia, saat ini sudah mulai terjadi pergeseran masyarakat beralih memilih produk dalam negeri karena mereka menilai lebih berkualitas.

"Produk dalam negeri tidak kalah baiknya dibandingkan barang dari luar. Namun demikian, kita terus mengajak masyarakat untuk lebih mencintai produk dalam negeri," katanya.

Ia mengapresiasi pemerintah provinsi yang peduli kepada konsumen dan mendorong produsen untuk lebih meningkatkan layanan dan kualitas produk yang dihasilkannya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018