Athena (Antaranews Babel/Reuters) - Mantan juara Yunani Panathianikos diskors dari kompetisi Eropa selama tiga musim setelah gagal memenuhi persyaratan-persyaratan finansial, kata badan sepak bola Eropa UEFA pada Selasa.  

Panathinaikos, mantan finalis Piala Eropa, berkali-kali terpuruk dalam beberapa tahun terakhr. Klub ini telah melakukan beberapa pergantian struktur kepemimpinan dan menderita masalah-masalah keuangan akut.

UEFA mengatakan klub itu diberi tenggat waktu sampai 1 Maret untuk menyelesaikan masalah-masalah dengan para kreditor, namun gagal mengatasinya.

"Badan Pertimbangan mengonfirmasi bahwa Panathianikos FC dikeluarkan dari berpartisipasi pada kompetisi klub UEFA selanjutnya seandainya mereka lolos, untuk tiga musim mendatang," kata UEFA dalam pernyataannya.

"Badan Pertimbangan juga menjatuhkan denda sebesar 100.000 euro sebagai bagian dari total denda 200.000 tidak lagi ditunda dan berlaku secepatnya."

Panathinaikos saat ini menghuni peringkat kesepuluh di Liga Yunani, dan tidak memiliki harapan untuk berkompetisi di Eropa musim depan.

Panathinaikos pada Desember kedapatan melanggar persyaratan-persyaratan pembayaran yang jatuh tempo terkait lisensi klub UEFA dan peraturan-peraturan financial fair play dan didenda.

Denda itu ditunda, menunggu sampai tenggat waktu pada Maret.

Liga Yunani pada musim ini dinodai sejumlah masalah kerusuhan penonton yang melibatkan sejumlah klub, dan juga terdapat pemeriksaan dari para jaksa terkait masalah korupsi.

Pertandingan bahkan ditunda selama beberapa pekan setelah petinggi klub PAOK Ivan Savvidis masuk lapangan dengan pistol di sarung pistolnya, pada pertandingan liga melawan AEK Athens bulan lalu.

Badan sepak bola dunia FIFA telah mengancam untuk mengeluarkan Yunani dari kompetisi internasional dan akan mendiskusikan situasi sepak bola Yunani dalam pekan-pekan mendatang."

Pewarta: -

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018