Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung dapat mencapai dua meter lebih pada Selasa (1/5).

"Ketinggian pasang air laut di Membalong diprakirakan dapat mencapai 2,17 meter," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Slamet Supriyadi, di Pangkalpinang, Senin.

Selain di Membalong, ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Kepulauan Bangka Belitung rata-rata di bawah dua meter.

Ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,78 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,74 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,77 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,18 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,17 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka sekitar 1,08 meter.

"Pasang air laut setinggi itu dinilai dapat membahayakan keselamatan, karenanya warga atau wisatawan diimbau agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," kata Slamet.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar antara 0,25 sampai 1,25 meter dan juga relatif aman.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa, dan Utara Bangka diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 0,75 meter, Sedangkan di Selatan Bangka dan Selat Karimata sekitar antara 0,75 sampai 1,25 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapa mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," ujar Slamet Supriyadi.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan ketinggian gelombang bertambah.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 33 kilometer per jam yang bergerak dari Timur Laut ke Tenggara dan dari Timur ke Selatan.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Selasa diprakirakan cerah, cerah berawan, dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat disertai petir di wilayah Kabupaten Bangka terutama pada siang hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Bangka Belitung terutama pada siang sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 10 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 34 derajat Celsius dan kelembaban udara 55 hingga 100 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018