Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Kementerian Pertanian membantu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bibit lada putih berkualitas sebanyak 5,2 juta batang guna meningkatkan kualitas dan produksi lada di daerah itu.

"Alhamdulillah bantuan bibit lada putih tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya sebanyak 3,2 juta batang," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan penambahan bantuan bibit lada putih ini karena Kementan menilai Pemprov Kepulauan Babel serius dalam mengembangkan dan meningkatkan produksi komoditas ekspor ini.

"Pada tahun depan Kementan akan menambah enam juta bantuan bibit lada putih lagi dan ini sebagai bukti keseriusan pemerintah dalam meningkatkan produksi lada petani di daerah ini," katanya.

Menurut Erzaldi respons pemerintah pusat untuk mengembalikan kejayaan lada putih ini positif dan sangat membantu pemerintah daerah untuk menjadi Indonesia sebagai pengekspor lada putih nomor satu dunia.

"Kita sudah bertemu dengan Menteri Pertanian dan menyampaikan strategi pemerintah daerah dalam mengembalikan kejayaan lada putih ini," ujarnya.

Erzaldi mengaku penobatan dirinya sebagai Presiden Lada Putih Indonesia oleh Kementan tidak terlepas konsentrasi dan keseriusan pemerintah provinsi terhadap komoditas unggulan masyarakat daerah ini.

"Kalau kita serius maka pemerintah pusat akan terus mendukung untuk mengembalikan kejayaan lada putih petani daerah ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018