Paris (Antaranews Babel/Reuters) - Monaco dan Olympique Lyonnais mengamankan tiket Liga Champions dengan kemenangan pada pertandingan-pertandingan putaran terakhir Liga Prancis, ketika musim Olympique de Marseille berakhir mengecewakan pada Sabtu.

Monaco finis sebagai tim peringkat kedua di bawah Paris St Germain (PSG) setelah mereka menang 3-0 di Troyes yang menurunkan tim lawan ke Ligue 2 (divisi kedua), sedangkan Lyon mengakhiri musim di peringkat ketiga setelah bangkit dari ketinggalan untuk menang 3-2 atas Nice, berkat tiga gol Memphis Depay.

Tim peringkat keempat Marseille, yang kalah dari Atletico Madrid di final Liga Eropa pada Rabu, menaklukkan tamunya Amiens dengan skor 2-1 namun itu tidak cukup untuk membawa mereka ke "podium."

Mereka mengakhiri musim dengan 77 poin, tertinggal satu poin dari Lyon, sedangkan Monaco mengoleksi 80 poin.

Namun PSG, yang telah dimahkotai gelar juara, menyelesaikan musim dengan 93 poin setelah bermain imbang 0-0 di markas Caen yang membuat tim asal Normandia itu tetap berada di divisi tertinggi.

Marseille akan bermain di Liga Europa, bersama tim peringkat kelima Stade Rennais dan tim peringkat keenam Girondins de Bordeaux, di mana kedua tim yang disebut belakangan ini bermain imbang 1-1 dengan Montpellier dan menang 4-0 di markas Metz.

Troyes bergabung dengan klub juru kunci di Ligue 2, sedangkan Toulouse mengalahkan En Avant Guingamp dengan skor 2-1 untuk finis di peringkat ke-18 dan akan bermain melawan AC Ajaccio atau Le Havre pada playoff.

Pertandingan antara Ajaccio melawan Le Havre, yang diagendakan dimainkan pada Jumat ditunda sampai Minggu setelah para penggemar menyerang bus Le Havre, kata Liga Prancis pada Sabtu, sambil mengutuk "insiden-insiden serius."

Monaco memerlukan hasil imbang untuk mengamankan spot Liga Champions namun yang terjadi mereka justru mengalahkan Troyes.

Rony Lopes menaklukkan Erwin Zelazny pada menit ke-21 setelah sang kiper menepis tembakan Youri Telemans ke arah pergerakan penyerang Portugal tersebut.

Lopes memastikan tidak ada drama tercipta ketika ia kembali mencetak gol dengan tembakan mendatar pada menit ke-71, dan Jordi Mboul menambahi ketiga menjelang pertandingan usai.

Di markas Lyon, Stadion Groupama, Nice membuka keunggulan pada menit ke-18 ketika Alassane Plea mendapatkan umpan terobosan dari Mario Balotelli dan melepaskan tembakan yang melewati sela-sela kaki kiper Mathieu Gorgelin.

Lyon memiliki peluang yang membentur tiang gawang sebelum turun minum, namun Depay mencetak tiga gol pada babak kedua.

Penyerang Belana itu menyambar bola dari umpan silang Nabil Fekir pada menit ke-48, dan ia mengubah skor menjadi 2-1 pada menit ke-65 melalui tendangan bebas mendatar yang menyusup di bawah pagar pemain.

Empat menit sebelum pertandingan usai, Depay mencungkil bola melewati Walter Benitez untuk memastikan kemenangan timnya. Plea mencetak satu gol balasan dua menit kemudian melalui sepakan kerasnya.

Marseille juga melakukan apa yang perlu mereka lakukan, namun hal itu ternyata sia-sia.

Mereka membuka keunggulan pada menit kesepuluh ketika Morgan Sanson mencetak gol melalui sepakan setengah voli dari dalam kotak penalti.

Mereka menggandakan keunggulan delapan menit kemudian, Kostas Mitroglou menanduk umpan silang Lucas Ocampo. Amiens memperkecil ketertinggalan pada menit ke-30 ketika Moussa Konate menaklukkan Steve Mandanda dari jarak dekat.

Namun meski Marseille mendapatkan hasil yang diinginkan, hal itu tidak cukup untuk membawa mereka ke zona Liga Champions.

Pewarta: -

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018