Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif normal pada Sabtu (26/5).

"Ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 1,0 meter," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Jumat.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa dan Utara Bangka diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Karimata antara 0,25 sampai 1,0 meter, sedangkan di Selatan Bangka sekitar antara 0,5 sampai 1,0 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," kata Anggun.

BMKG masih mengimbau masyarakat mewaspadai potensi adanya awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 29 kilometer per jam yang bergerak dari Timur Laut ke Selatan, dari Utara ke Tenggara, dan dari Timur Laut ke Tenggara.

Pada kesempatan itu BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di Kepulauan Bangka Belitung rata-rata di bawah dua meter, kecuali di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung yang dapat mencapai 2,06 meter.

Pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan sekitar 1,98 meter, Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,66 meter, Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,53 meter, Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,18 meter, Belinyu Kabupaten Bangka 1,14 meter, dan Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 0,83 meter.

"Kami tetap mengimbau warga agar selalu waspada dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Anggun Rahmania.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Sabtu diprakirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang hampir di seluruh wilayah terutama pada pagi, siang, dan sore hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi hampir di sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung terutama pada pagi, siang sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 31 derajat Celsius dan kelembaban udara 65 hingga 100 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018