Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, memprakirakan ketinggian pasang air laut di kawasan pesisir pantai di provinsi ini pada Minggu (27/5) relatif normal.

"Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Kepulauan Bangka Belitung rata-rata di bawah dua meter kecuali di Membalong Kabupaten Belitung," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Omar Mukhtar, Sabtu.

Ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung diprakirakan dapat mencapai 2,04 meter.

Sementara itu di pesisir Pantai Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 1,77 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,68 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,66 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,00 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 0,93 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 0,57 meter.

"Namun kami tetap mengimbau agar warga atau wisatawan waspada karena ketinggian pasang air laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung cuaca dan kecepatan angin," kata Omar.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang juga mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 2,5 sampai 3,0 meter yang dapat terjadi di wilayah Selatan Bangka, dan Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa, dan Utara Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selatan Bangka antara 0,5 sampai 1,25 meter, sedangkan di Selat Karimata dapat mencapai antara 0,25 sampai 1,5 meter.

"Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Selatan Bangka dan Selat Karimata dapat mencapai 2,5 hingga 3,0 meter," ujar Omar Mukhtar.

Di sisi lain BMKG masih mengimbau agar mewaspadai adanya potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Sementara itu, kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 31 kilometer per jam yang bergerak dari Timur Laut ke Selatan, dari Utara ke Tenggara, dan dari Timur Laut ke Tenggara.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Minggu diprakirakan cerah berawan, berawan, dan udara kabur dengan peluang terjadi hujan lokal serta hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang hampir di seluruh wilayah terutama pada siang sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 24 sampai 31 derajat Celsius dan kelembaban udara 70 hingga 100 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018