Muntok (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Parhan Ali mengajak masyarakat di daerahnya agar memaknai peringatan hari lahir Pancasila dengan mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya guna mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin," kata Bupati Parhan Ali di Muntok, Senin.

Menurut dia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila bisa dimaknai dengan terus menjaga semangat persatuan dan kesatuan sebagai pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Nilai persatuan dan kesatuan tercermin dalam budaya gotong royong yang sudah ada sejak zaman dahulu dan tetap relevan diterapkan pada saat ini demi kemajuan bangsa Indonesia," kata dia.

Semangat gotong royong merupakan budaya luhur bangsa harus terus dipupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Peringatan hari lahir Pancasila yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan juga perlu dimaknai dan dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi sebagai roh dari semangat gotong royong.

Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus dimanfaatkan sebagai momentum pengingat, pemacu dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila.?

"Mari kita amalkan warisan mulia para pendiri bangsa untuk kemajuan bangsa sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018