Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan cuaca di wilayah daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Minggu (10/6) cerah berawan.

"Sepanjang Minggu cuaca di seluruh daratan diperkirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal di wilayah Kabupaten Bangka Tengah," ujar prakirawan pada Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Sabtu.

Hujan lokal berpeluang terjadi di wilayah Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah terutama pada siang sampai sore hari.

Sementara itu, kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 33 derajat Celcius dan kelembaban udara 55 hingga 100 persen.

Pada kesempatan itu, BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar antara 0,25 sampai 1,25 meter dan relatif normal.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Selat Gelasa diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selatan Bangka dan Utara Bangka antara 0,25 sampai 1,0 meter, sedangkan di Selat Karimata sekitar antara 0,75 sampai 1,25 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," kata Anggun.

BMKG juga masih mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 39 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

Pada bagian lain BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di Kepulauan Bangka Belitung rata-rata di bawah dua meter, kecuali di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung yang dapat mencapai 2,03 meter.

Pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan sekitar 1,74 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,72 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,60 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 0,96 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 0,85 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 0,46 meter.

"Kami tetap mengimbau warga agar selalu waspada dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Anggun Rahmania.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018