Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan potensi gelombang mencapai 2,5 sampai 4,0 meter berpeluang terjadi di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Sabtu (23/6).

"Gelombang maksimum setinggi itu dapat membahayakan keselamatan, karenanya pengguna jasa angkutan laut dan para nelayan tradisional diimbau agar waspada," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Evi Diana P. di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menyebutkan potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 2,5-4,0 meter dapat terjadi di Selat Gelasa, Selatan Bangka, dan Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Utara Bangka diprakirakan 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Galasa dan Selatan Bangka 0,5 sampai 1,25 meter, sedangkan di Selat Karimata antara 1,0 sampai 2,0 meter.

Kecepatan angin di kawasan perairan diprakirakan berkisar 8-40 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari timur ke selatan.

Pada kesempatan itu, BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di Kepulauan Bangka Belitung rata-rata masih di bawah dua meter dan relatif aman.

Pasang air laut di Membalong Kabupaten Belitung diprakirakan sekitar 1,95 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,83 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,63 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,62 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,04 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 0,99 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 0,69 meter.

"Namun kami tetap mengimbau warga agar selalu waspada dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Evi.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Sabtu diprakirakan cerah berawan, berawan, dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal serta hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah, terutama pada pagi sampai sore hari.

Hujan lokal berpeluang terjadi hampir di sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung, terutama pada pagi, siang, sampai sore hari.

Hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Barat, Bangka, Kota Pangkalpinang, Bangka Selatan, dan wilayah sekitarnya terutama pada pagi sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 70 hingga 100 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018