Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memasok 99 ekor sapi potong ke Belitung Timur (Beltim), guna menekan kenaikan harga daging di kabupaten itu.

"Kita bersama Satgas Pangan bergerak cepat untuk menekan kenaikan harga daging sapi di Belitung Timur yang mencapai Rp150.000 per kilogram," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kepulauan Babel Mashun di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan untuk menekan kenaikan harga di Belitung Timur, pihaknya bekerja sama dengan Bulog juga memasok 10 ton daging beku, agar masyarakat di daerah itu tidak terbebani dengan harga daging tinggi.

"Alhamdulillah saat ini harga daging di Belitung Timur sudah kembali normal Rp120.000 per kilogram," ujarnya.

Menurut dia kenaikan harga daging di Belitung Timur karena pasokan sapi potong yang kurang untuk memenuhi permintaan masyarakat yang cukup tinggi menjelang dan setelah Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.

"Untuk kedepannya kita akan memfokuskan pemantauan perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat di Belitung Timur. Jangan sampai terjadi lagi gejolak harga yang membebani ekonomi masyarakat di daerah dengan berjulukan laskar pelangi itu," katanya.

Sementara itu, kata dia harga daging sapi segar di kabupaten/kota lainnya seperti Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung masih bertahan Rp120.000 per kilogram.

Harga daging ayam brolier masih bertahan normal Rp30.000 per kilogram dan daging ayam kampung bertahan Rp60.000 per kilogram.

"Saat ini persediaan sapi potong dan ayam broiler mencukupi, karena pasokan dari luar daerah berjalan lancar," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018