Pangkalpinang (Antara Babel) -  Calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Bangka Belitung berjanji akan memberdayakan perempuan di daerah itu agar memiliki penghasilan sendiri dan dapat membantu perekonomian keluarga.


"Pemberdayaan perempuan bertujuan membantu mereka dalam menambah penghasilan keluarga yang saat ini belum banyak dilakukan," ujar caleg perempuan PPP untuk DPRD Provinsi Bangka Belitung dari daerah pemilihan Kota Pangalpinang, Sandra Susanti, Jumat.  


Perempuan yang dalam kesehariannya juga seorang pengusaha ini mengatakan, membantu ibu rumah tangga menambah penghasilan keluarga dapat dilakukan dengan cara meningkatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dikelola kalngan perempuan, terutama produk-produk yang memanfaatkan potensi lokal.


"UMKM dengan produk-produk potensi lokal yang bisa mereka kembangkan berupa makanan khas Bangka Belitung atau cinderamata yang berbahan baku asli dari Bangka Belitung," jelasnya.


Menurutnya, untuk bisa memberdayakan perempuan, hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan pelatihan-pelatihan berbagai keterampilan sehingga dapat menciptakan sumber daya manusia terutama perempuan yang produktif dan berdaya saing.


"Selain itu kita juga harus bisa meningkatkan kesadaran politik perempuan melalui pendidikan politik, sehingga mereka semakin kritis dalam bersikap demi memperjuangkan kepentingannya," tambah dia.


Ia menilai di Provinisi Bangka Belitung masih banyak ibu-ibu rumah tangga yang belum mempunyai jiwa wirausaha dan belum mampu menumbuhkan kreativitas mereka untuk membuka usaha sendiri.


"Untuk itu diharapkan perempuan Bangka Belitung nantinya dapat lebih maju agar mampu ikut memenuhi kebutuhan hidup dengan mengandalkan kemampuan sendiri, serta bisa secara aktif mengikuti proses pembangunan di Bangka Belitung dan turut berkontribusi dalam pembangunan di daerah ini," ujar Sandra Susanti.

Pewarta: Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014