Koba  (Antaranews Babel) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr Bahrun R Siregar menyarankan pasien yang tidak bisa ditangani di rumah sakit umum daerah dapat dirujuk ke Rumah Sakit Umun Provinsi (RSUP).

"Kalau memang fasilitas kesehatan dan tenaga medis di RSUP sudah memadai, sebaiknya pasien jangan berpikir dirujuk ke luar provinsi tetapi cukup di RSUP saja," katanya di Koba, Kamis.

Bahrun mengatakan itu menyikapi kegiatan sosialisasi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan pihak RSUP Soekarno baru-baru ini di sejumlah pusat kesehatan masyarakat di Bangka Tengah.

"Kalau menyimak penjelasan dari kegiatan sosialisasi tersebut, kami menilai RSUP tepat menjadi rumah sakit rujukan untuk pasien yang mengalami sakit cukup parah yang tidak bisa ditangani di daerah," katanya.

Pihaknya akan menyosialisasikan kepada seluruh Puskesmas di daerah itu untuk melakukan rujukan ke RSUD dan kemudian diteruskan ke RSUP untuk pasien yang mengalami sakit parah.

"Dengan adanya promosi kesehatan dari pihak RSUP tentu kami lebih tahu dan begitu yakin untuk menjadikan rumah sakit provinsi itu tujuan rujukan, tidak perlu lagi dirujuk ke Jakarta atau Palembang," katanya.

Ia mengatakan, saat ini di RSUP sudah bisa menangani pasien yang mengalami sakit jantung, syaraf dan penanganan bedah serta sejumlah penyakit berat lainnya.

"Tenaga medis dan para dokternya juga sudah memadai sehingga RSUP menurut kami layak menjadi tempat rujukan bagi pasien yang tidak bisa ditangani di RSUD Bangka Tengah," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018