Pangkalpinang, 5/7 (Antara) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengimbau calon jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan rajin berolahraga, agar pelaksanaan ibadah di tanah suci Mekkah berjalan dengan baik dan menjadi haji mabrur.

"Saya menyarankan jemaah harus bisa mengikhlaskan diri, meminta maaf, rajin berolahraga, karena saat berada di Mekkah akan banyak kegiatan fisik," kata Erzaldi Rosman Djohan saat memberikan pengarahan kepada calhaj di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan calhaj Provinsi Kepulauan Babel mulai berangkat ke embarkasi Palembang Sumatera Selatan pada Jumat (27/7). Jumlah kloter pertama yang akan diberangkatkan dari Kota Pangkalpinang ke embarkasi sebanyak 433 orang calhaj.

"Kami berharap calhaj memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk menjalankan ibadah, karena tujuan berhaji untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT," katanya.

Menurut dia ibadah haji dilaksanakan bagi yang mampu di Indonesia khususnya Babel masih banyak yang tergolong masyarakat mempunyai kemampuan ditandai dengan adanya uang. Namun masyarakat dari daerah di sekitar Mekkah ada yang tidak mampu secara finansial namun ikut menunaikan ibadah haji.

"Ini dikarenakan kehendak Allah SWT. Jangan sampai jemaah dari Babel terganggu dengan hal-hal yang tidak penting selama menjalani ibadah. Khusuk dalam menjalankan ibadah," katanya.

Ia menambahkan jarak asrama jemaah haji asal Bangka Belitung ke Masjidil Haram diperkirakan sekitar tiga kilometer dan ini patut disyukuri, karena banyak jemaah lain asramanya lebih jauh dari asrama jemaah daerah ini.

"Jemaah jangan menghitung jerih payah yang dilakukan selama menjalani ibadah haji. Lakukan persiapan secara matang, atur makan dengan baik agar badan tetap bugar. Jangan sampai jika tidak ada sambel tidak mau makan," katanya.

 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018