Muntok (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan kompetensi para pengawas sekolah untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan di daerah itu.

"Mutu sekolah yang semakin meningkat kami harapkan mampu menyediakan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi, melalui kegiatan ini kami harapkan ke depan sekolah di daerah semakin berkualitas," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Yunan Helmi, di Muntok, Senin.

Sebagai upaya meningkatkan kompetensi pengawas sekolah, Pemkab Bangka Barat melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah menggelar pelatihan penguatan kompetensi pengawas sekolah selama tujuh hari, mulai Senin (9/7) di Graha Aparatur Muntok.

Pembinaan dan peningkatan terhadap kualifikasi dan kompetensi pengawas sekolah merupakan hal yang tidak bisa dilupakan dalam pelaksanaan pendidikan.

Para pelaku sekolah diharapkan memiliki kualifikasi yang sudah ditetapkan melalui Permendagri Nomor 12 Tahun 2017 yang mengatur perihal peningkatan kompetensi kepribadian, supervisi akademik, manajerial, evaluasi pendidikan,penelitian dan pengembangan, serta kompetensi sosial.

"Pelatihan ini kami harapkan mampu meningkatkan kompetensi kualitas para pengawas dalam kepengawasan terhadap satuan pendidikan yang ada di Bangka Barat," kata dia.

Selain itu, menurut dia, sertifikat yang akan didapat pada akhir pelaksanaan kegiatan itu penting bagi pengawas untuk meningkatkan keabsahannya sebagai pengawas.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya serius pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah," katanya.

Pelatihan tersebut mendatangkan narasumber Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan RI Cepi Amuara, diikuti 21 peserta.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018