Muntok (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Parhan Ali menerima Satyalancana Pembangunan dari Presiden Joko Widodo atas dedikasinya dalam bidang koperasi, usaha kecil dan menengah.

"Penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan diterima Bupati Parhan Ali pada kegiatan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 yang digelar di Jakarta," kata Kepala Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Henry Firsanto di Muntok, Kamis.

Satyalancana Pembangunan merupakan penghargaan untuk mereka yang dinilai berjasa terhadap negara dan masyarakat dalam lapangan pembangunan negara atau dalam lapangan pembangunan bidang koperasi, usaha kecil dan menengah pada khususnya.

Menurut dia, prestasi yang diraih Bangka Barat di tingkat nasional itu patut mendapat apresiasi dari seluruh pihak agar semakin bisa dirasakan manfaatnya bagi pembaca di daerah itu.

Penghargaan itu merupakan salah satu bentuk apresiasi atas keberhasilan dalam membangun dan mengembangkan koperasi dan usaha kecil dan menengah di daerah itu.

Kebijakan berupa Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Barat Nomor 11 tahun 2015 tentang Pedoman Pengelolaan Koperasi, pembinaan dan peningkatan alokasi anggaran yang signifikan dari tahun ke tahun sebesar 8,4 persen merupakan salah satu bentuk keberhasilan pemerintah dalam bidang koperasi dan UKM, kata dia.

Peraturan tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan daya saing yang sejajar dengan pelaku usaha yang dikelola secara professional, maju serta dapat menjadi tulang punggung perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bangka Barat.?

Dalam kegiatan yang berlangsung di Jakarta tersebut, Presiden Joko Widodo menganugerahkan penghargaan kepada sembilan kepala daerah berprestasi, terdiri atas dua gubernur dan tujuh walikota/bupati.

Dalam bidang koperasi, pada tahun lalu Bangka Barat juga menorehkan prestasi tingkat nasional, yaitu KUD Mariati Kelapa yang berhasil menfapatkan penghargaan berprestasi dalam bidang koperasi produsen dari Menteri Negara Koperasi, Usaha kecil dan Menengah Republik Indonesia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018