Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan cuaca di wilayah daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Minggu (15/7) cerah berawan.

"Sepanjang Minggu cuaca di seluruh daratan diperkirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal di beberapa wilayah terutama pada siang hari," kata prakirawan pada Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nenden Wardani, Sabtu.

Sementara itu, kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 21 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 55 hingga 95 persen.

BMKG Kota Pangkalpinang juga mengeluarkan peringatan dini terkait dengan potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 2,5 sampai 3,0 meter yang dapat terjadi di wilayah Selat Gelasa, Utara Bangka dan Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selatan Bangka 0,25 sampai 1,0 meter, di Selat Gelasa 0,25 sampai 1,25 meter, sedangkan di Utara Bangka dan Selat Karimata sekitar antara 0,25 sampai 1,5 meter.

"Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Selat Gelasa, Utara Bangka dan Selat Karimata dapat mencapai 2,0 sampai 3,0 meter," ujar Nenden.

BMKG juga mengimbau masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 4 sampai 38 KM per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

Pada bagian lain, BMKG masih mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai yang mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan dapat mencapai 2,54 meter dan di Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,34 meter.

Kemudian di pesisir Pantai Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,99 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,91 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,87 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,84 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,67 meter .

"Kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," kata Nenden.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018