Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka pelayanan KB, Papsmear dan IVA gratis, dalam rangka hari bakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-67 di Pangkalpinang.

"Pelayanan gratis ini kita buka untuk meningkatkan capaian program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga  sekaligus ungkapan terimakasih atas partisipasi dari IBI Babel atas pengabdian dan kerja samanya dalam kegiatan pelayanan KB serentak," kata Kepala BKKBN Babel, Etna Estelita di Pangkalpinang, Kamis.

Dikatakan, tahun 2018 BKKBN Babel menargetkan capaian dari hasil pelayanan KB serentak mencapai 23.255 peserta KB baru. Dan evaluasi capaian hasil pelayanan KB serentak yang digelar sejak Januari-Juni 2018 di seluruh kabupaten/kota se-Bangka Belitung sudah 19,38 persen atau 4.506 peserta KB baru.

Bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia Babel, pelayanan KB menjangkau seluruh daerah tertinggal dan terpencil di kepulauan, dimana masyarakat membutuhkan pelayanan KB yang berkualitas.

"Di sini kita harap dukungan para ibu bidan agar menunjukkan pengabdiannya kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan KB berkualitas, baik IUD, Implan, MOW dan MOP," ujarnya.

Ketua umum PPIBI, Erni Nurjasmi menambahkan, bidan diakui sebagai tenaga kesehatab profesional yang bertanggungjawab, yang bekerja serta menjalin kemitraan dengan perempuan dalam memberikan "continuum of care" pada pelayanan kesehatan reproduksi perenpuan, bayi, balita dan Keluarga Berencana (KB).

"Bidan memiliki peran penting dalam mengawal kesehatan maternal neonatal melalui gerakan masyarakat sehat (germas) dan pelayanan berkualitas," katanya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018