Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan melepas pemberangkatan 181 orang calon haji (calhaj) ke Embarkasi Palembang, Sumatera Selatan, Kamis.

"Alhamdulillah pada penerbangan pertama ini diberangkatkan 181 calhaj kloter 7 dari Kabupaten Bangka menuju Embarkasi Palembang," kata Erzaldi Rosman Djohan yang diwakili Asisten Pemerintahan Pemprov Kepulauan Babel, Syahruddin di Pangkalpinang.

Ia berpesan jamaah calon haji (JCH) untuk meluruskan niat berhaji semata-mata karena Allah SWT, membersihkan hati, berprilaku terpuji dan menghindari perkataan kotor selama menjalan ibadah haji.

Selain itu, JCH diminta untuk mengamalkan ilmu selama mengikuti manasik, melaksanakan ibadah dengan tenang, sabar, tawadu dan jangan bersikap kasar kepada sesama serta jagalah pantangan, larangan selama mengerjakan ibadah haji.

"Kita berharap jamaah menjadi haji mabrur dan mendoakan Bangka Belitung menjadi provinsi yang aman, damai dan sejahterah di bawah lindungan Allah SWT," katanya.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Babel, Muhammad Ridwan mengatakan jumlah JCH tahun ini sebanyak 1.068 orang dan akan diberangkatkan secara berturut-turut terhitung Kamis (26/7) hingga Sabtu (28/7), dari Bandara Pangkalpinang menuju Embarkasi Palembang.

"Alhamdulillah pelepasan JCH berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Ia mengimbau, JCH memperbanyak minum air putih, menggunakan masker dan mengurangi aktivitas yang tidak bermanfaat.

"Saat ini kondisi cuaca di tanah suci sangat tinggi yang mencapai 42 hingga 49 derajat celcius dan ini dikhawatirkan. Namun demikian, pemerintah dan panitia haji telah mempersiapkan serta mengantisipasi cuaca ekstrem ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018