Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang mencapai tiga meter yang dapat terjadi di perairan Utara Bangka pada Senin (30/7).

"Gelombang maksimum setinggi itu harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Pangkalpinang, Nenden Wardani di Pangkalpinang, Minggu.

Selain di Utara Bangka, BMKG juga mengimbau agar masyarakat atau nelayan mewaspadai gelombang maksimum yang juga dapat mencapai 3,0 meter di perairan Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selatan Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Bangka dan Selat Gelasa 0,25 sampai 1,0 meter, sedangkan di Utara Bangka dan Selat Karimata dapat mencapai 0,25 sampai 1,5 meter.

"Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Utara Bangka dan Selat Karimata dapat mencapai 3,0 meter," tambahnya.

BMKG masih mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar 8 hingga 38 kilometer per jam yang bergerak dari Timur Laut ke Selatan dan dari Timur ke Selatan.

Pada kesempatan itu, BMKG juga mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai yang mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan dapat mencapai 2,43 meter dan di Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,17 meter.

Kemudian di pesisir Pantai Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,90 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,82 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,75 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,70 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,52 meter.

"Oleh karena itu kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Nenden

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Senin diprakirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal di beberapa wilayah terutama pada siang dan malam hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 22 sampai 33 derajat Celcius dan kelembaban udara 50 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018