Koba (Antaranews Babel) - Penyaluran dana desa di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hingga Mei 2018 mencapai Rp28,289 miliar atau sebesar 60 persen dari total dana senilai Rp47,148 miliar.

"Ini baru penyaluran dana desa tahap II mencapai 60 persen karena penyalurannya tiga tahap hingga akhir tahun," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Budi Utama di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, pagu dana desa sebesar Rp47,148 miliar tersebut diperuntukkan bagi 56 desa yang ada di Kabupaten Bangka Tengah dengan nilai untuk masing-masing desa bervariasi.

"Setiap desa tentu jumlahnya tidak sama, sifatnya proporsional sesuai kebutuhan. Dana desa tahap I sudah direalisasikan pada Februari 2018 dan tahap II pada Mei 2018," ujarnya.

Ia mengatakan, berdasarkan pagu dan realisasi penyaluran dana desa maka tercatat sisa dana saat ini sebesar Rp18,859 miliar.

"Penyaluran dana desa dari RKUD ke RKDes dibagi tiga tahap yaitu tahap pertama sebesar 20 persen, tahap dua 40 persen dan tahap tiga sebesar 40 persen," ujarnya.

Ia menjelaskan, dana desa diperuntukkan empat bidang yaitu?penyelenggaran pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

"Tentu laporan dana desa dari pemerintah desa menjadi pertimbangan penting karena terkait pengawasan dan pengontrolan penggunaan uang negara," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018