Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait dengan potensi gelombang laut yang mencapai tiga meter di Selat Gelasa pada Rabu (8/8).

"Gelombang maksimum setinggi itu harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Pangkalpinang Nenden Wardani di Pangkalpinang, Selasa.

Ia juga mengimbau masyarakat atau nelayan mewaspadai gelombang maksimum yang dapat mencapai 3,0 sampai 3,5 meter di perairan utara Bangka dan Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan 0,25 sampai 0,75 meter, di Selatan Bangka 0,25 sampai 1,25 meter, di Selat Gelasa dan Utara Bangka 0,25 sampai 1,5 meter, di Selat Karimata 0,25 sampai 1,75 meter.

"Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Selat Gelasa, utara Bangka, dan Selat Karimata dapat mencapai 3,0 sampai 3,5 meter," katanya.

BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar 4-38 kilometer per jam yang bergerak dari timur ke selatan.

Masyarakat juga harus mewaspadai ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai yang mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung diprakirakan 2,38 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,31 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 2,13 meter, dan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 2,07 meter.

Di pesisir Pantai Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,80 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,60 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,59 meter.

"Oleh karena itu kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Nenden Wardani.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Rabu diprakirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan di beberapa wilayah, terutama pada siang sampai sore dan dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 21 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 55 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018