Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan operasi pasar untuk menekan kenaikan harga sembako menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah.

"Saat ini kegiatan operasi pasar dipusatkan di Sungailiat dan akan dilanjutkan di Bangka Barat," kata Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mashun di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan operasi pasar sembako seperti beras, gula pasir, dan minyak goreng ini dilakukan bekerja sama dengan distributor sembako dalam upaya menjaga stabilitas harga menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini.

"Sebelumnya kami sudah menggelar operasi pasar di Kota Pangkalpinang dan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Alhamdulillah permintaan sembako masyarakat cukup tinggi," ujarnya.

Menurut dia, minat masyarakat berkunjung ke operasi pasar cukup tinggi karena harga yang ditawarkan di bawah harga pasaran.

"Saat ini harga sembako masih normal, karena permintaan masyarakat yang relatif stabil dan cenderung mengalami penurunan karena daya beli berkurang," katanya.

Namun demikian, diperkirakan permintaan sembako dan kebutuhan lainnya akan mengalami peningkatan pada H-2 Hari Raya Idul Adha yang akan berdampak terhadap kenaikan harga cukup tinggi.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi permintaan sembako masyarakat dan harga tidak akan mengalami kenaikan yang akan memberatkan ekonomi warga kurang mampu dalam menyambut Idul Adha," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018