Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan cuaca di wilayah daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Rabu (15/8) cerah dan berawan.

"Sepanjang Rabu cuaca di seluruh daratan diperkirakan cerah, cerah berawan dan berawan," kata prakirawan pada Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Evi Diana P, Selasa.

Sementara itu, kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 21 sampai 33 derajat Celcius dan kelembaban udara 55 hingga 95 persen.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang masih mengeluarkan peringatan dini terkait dengan potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 4,0 meter yang dapat terjadi di wilayah Utara Bangka dan Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 1,0 meter, di Selat Gelasa dan Selatan Bangka 0,5 sampai 1,25 meter, sedangkan di Utara Bangka dan Selat Karimata dapat mencapai sekitar antara 0,75 sampai 2,0 meter.

Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Utara Bangka dan Selat Karimata dapat mencapai 4,0 meter, kata Evi.

Di sisi lain BMKG masih mengimbau masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 sampai 45 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

Pada bagian lain BMKG mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai yang masih mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan dapat mencapai 2,09 meter dan di Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,00 meter, di .

Kemudian di pesisir Pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,71 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,38 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,33 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,21 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,17 meter.

"Oleh karena itu kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Evi Diana P.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018