Jakarta (Antaranews Babel) - Presiden Joko Widodo mengatakan proses pendidikan merupakan tangga penting untuk meraih kesejahteraan rakyat yang lebih baik dan harus mampu membuat manusia Indonesia lebih produktif dan berdaya saing.

 "Karena itu, empat tahun ini kita fokus memperkuat pendidikan serta perlatihan vokasi untuk melahirkan sumber daya manusia terampil yang siap memasuki dunia kerja," kata Presiden Joko Widodo dalam pidatonya pada Sidang Tahunan MPR Tahun 2018 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

 Selain itu, Presiden juga mendorong pendidikan tinggi untuk melakukan terobosan-terobosan sehingga lulusan perguruan tinggi bisa lebih menyesuaikan diri pada era Revolusi Industri 4.0.

  Lulusan perguruan tinggi juga harus memiliki kemampuan dalam literasi digital serta mampu menumbuhkan lebih banyak wirausahawan muda yang kreatif dan inovatif.

  "Generasi produktif yang tumbuh cepat mengharuskan kita bekerja lebih keras lagi untuk menciptakan dan membuka lapangan pekerjaan baru melalui peningkatan daya saing investasi dan ekspor," katanya.

  Presiden mengatakan Indonesia sudah masuk sebagai negara dengan pembangunan manusia berkategori tinggi atau "High Human Development" karena kualitas kehidupan manusia terus membaik. Indeks Pembangunan Manusia meningkat dari 68,90 pada 2014 menjadi 70,81 pada 2017.

 Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada Sidang Tahunan MPR Tahun 2018. Hadir pada Sidang tersebut  Wakil Presiden Jusuf Kalla, para pejabat negara, menteri Kabinet Kerja, perwakilan negara-negara sahabat, mantan presiden Bacharuddin Jusuf Habibie dan Megawati Sukarnoputri, serta mantan wakil presiden Try Sutrisno dan Boediono.  
 

Pewarta: Dewanto Samodro

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018