Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya memperkuat empat pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika, guna mewujudkan Indonesia yang damai dan sejahtera.

"Semoga bangsa Indonesia menuju bangsa yang sejahtera dan damai," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fatah usai menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan  kemerdekaan ini merupakan sesuatu yang patut disyukuri secara mendalam yang ditandai dengan pembacaan proklamasi oleh Proklamator Indonesia yaitu Soekarno dan Hatta.

"Proklamasi yang dikumandangkan sebagai makna bahwa Indonesia telah menjadi negara merdeka dan berdaulat, menentukan nasibnya sendiri, serta sebagai jembatan menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," katanya.

Menurut dia untuk mewujudkan masyarakat yang damai, adil, makmur dan keutuhan negara Indonesia maka diperlukan upaya semua pihak dalam memperkuat empat pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Sampai sekarang kemerdekaan yang telah diperjuangkan bangsa Indonesia semakin kokoh. Akan tetapi pembangunan belum selesai karena kedepan tantangan bagi negara Indonesia semakin kompleks," katanya.

Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Babel, Didit Srigusjaya mengatakan peringatan HUT RI ke-73 dapat menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat semakin diperhitungkan di kancah internasional.

"Pemerintah harus hadir dan ikut berperan aktif yang berlandaskan kemerdekaan. Dalam kurun beberapa tahun, percepatan pembangunan infrastruktur dan pembangunan sumber daya yang lebih produktif hasilnya sudah terlihat secara nyata," katanya.

Menurut dia sebagai kado ulang tahun, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games XVIII yang akan digelar di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.

"Untuk kedua kali Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games setelah sebelumnya menjadi tuan rumah pada 1962. Kesempatan ini menjadi momen besar dimana tema Asian Games yaitu Energy Of Asia bersanding manis dengan tema HUT RI ke-73, yaitu Kerja Kita Prestasi Bangsa," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018