Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Harga daging sapi mengalami kenaikan di sejumlah pasar tradisional Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung karena permintaan masyarakat meningkat sehari menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah.

"Saat ini harga daging sapi naik menjadi Rp130.000 dibandingkan sebelumnya Rp120.000 per kilogram," kata Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Mashun di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan harga daging sapi naik juga karena persediaan daging yang kurang tidak sebanding dengan permintaan masyarakat mengalami peningkatan yang cukup tinggi untuk menyambut Lebaran Kurban.

"Sehari menjelang lebaran pedagang mengurangi pemotongan sapi guna mengantisipasi kerugian, karena pada Rabu (22/8) masyarakat sudah memotong hewan kurban," katanya.

Sementara itu, harga daging ayam broiler masih bertahan normal Rp32.000 per kilogram dan ayam kampung Rp55.000 per kilogram.

"Kenaikan harga daging sapi masih wajar, tidak seperti menjelang Idul Fitri yang mencapai Rp150.000 per kilogram," katanya.

Ia memperkirakan harga daging sapi akan kembali normal pada hari H Idul Adha, karena persediaan daging kurban masyarakat cukup berlimpah.

"Mudah-mudahan harga daging ini tidak akan mengalami kenaikan hingga sore ini yang merupakan puncak permintaan kebutuhan pokok masyarakat menyambut Idul Adha," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018