Koba (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung optimistis meraih penghargaan nasional Nirwasita Tantra KLH 2018 setelah berhasil melakukan paparan ilmiah terkait penanganan lingkungan dan beberapa inovasi yang dilakukan daerah.

"Sudah dilakukan paparan oleh bupati di hadapan tim penilai, paparan yang sangat lengkap, cukup ilmiah, dilengkapi data fakta di lapangan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah, Ali Imron di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, paparan atau presentasi merupakan penilaian tahap akhir untuk bisa meraih penghargaan Nirwasita Tantra setelah daerah itu masuk nominasi bersama puluhan kabupaten lainnya di Indonesia.

"Kalau melihat hasil paparan tentu kami optimistis, ini penghargaan untuk pertama kalinya jika berhasil diraih dan merupakan keberhasilan seluruh masyarakat Bangka Tengah dalam menjaga dan melestarikan lingkungan," katanya.

Ia menjelaskan, Nirwasita Tantra merupakan penghargaan di bidang administrasi lingkungan hidup dan penghargaan tertinggi di tingkat lingkungan hidup selain penghargaan Kalpataru bidang masyarakat dan penghargaan Adipura bidang lingkungan hidup.

"Tercatat sebanyak 11 kabupaten masuk nominasi, enam provinsi, 12 kota dengan total 29 provinsi/kota/kabupaten. Bangka Tengah sudah bisa dipastikan 90 persen meraih penghargaan tersebut," katanya.

Ia mengatakan, hasilnya nanti akan diumumkan pada November 2018 bersama kabupaten dan provinsi lainnya di Indonesia yang masuk nominasi penerima penghargaan Nirwasita Tantra KLH 2018.

"Jika berhasil meraihnya maka ini sangat luar biasa karena penghargaan itu diraih di tengah kencangnya issu pencemaran lingkungan akibat aktivitas penambangan bijih timah di daerah ini," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018