Jakarta, (Antaranews Babel) - Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan merancang rencana kerja anggaran (RKA) tahun 2019 dengan memfokuskan empat prioritas nasional yang salah satu di antaranya pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar.

“Dalam RKA, Kemenko PMK melaksanakan empat prioritas nasional dan 12 program prioritas," kata Menko PMK Puan Maharani saat menghadiri rapat pembahasan RKP RAPBN-P 2019 di Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Jakarta, Rabu.

Menko Puan menjelaskan prioritas pertama ialah Pembangunan Manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar dengan lima program prioritas, yaitu percepatan pengurangan kemiskinan, peningkatan pelayanan kesehatan dan gizi masyarakat,  pemerataan pendidikan berkualitas, peningkatan akses masyarakat terhadap perumahan dan permukiman layak, peningkatan tata kelola layanan dasar.

Prioritas kedua berupa pengurangan kesenjangan antarwilayah melalui penguatan konektivitas dan maritim. 
Program prioritas yang menjadi fokus Kemenko PMK yaitu percepatan pembangunan daerah tertinggal dan desa, percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat, dan penanggulangan bencana.

Prioritas ketiga yaitu peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri, dan jasa produktif dengan program-program prioritas. 

Program tersebut percepatan peningkatan keahlian tenaga kerja, serta pengembangan IPTEK dan inovasi untuk meningkatkan produktivitas.

Prioritas kempat stabilitas nasional dan kesuksesan Pemilu dengan program prioritas yaitu Kamtibmas dan keamanan, serta efektivitas diplomasi.

Pewarta: Aditya Ramadhan

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018