Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Asisten II Setdako Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suryo Kusbandono mengatakan, pihaknya membutuhkan data yang akurat dan berkualitas guna meningkatkan pembangunan di daerah itu.

"Informasi data statistik merupakan salah satu bahan evaluasi pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah serta dapat menjadi bahan masukan dalam proses perumusan kebijakan atau keputusan perencanaan pembangunan daerah," katanya di Pangkalpinang, Rabu.

Berdasarkan Pasal 31 Undang-Undang No 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, perencanaan pembangunan didasarkan pada data atau informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Pernyataan tersebut merupakan hal yang sangat penting bagi pengambilan kebijakan. Untuk memenuhi kebutuhan data statistik dalam perencanaan pembangunan daerah maka melalui Dinas Kominfo diharapkan dapat menyajikan data sektoral yang akurat, berkualitas dan tepat waktu demi mendukung perencanaan pembangunan daerah," katanya.

Mengenai hal itu, Pemerintah Kota Pangkalpinang melaksanakan kegiatan sosialisasi data statistik Kota Pangkalpinang Tahun Anggaran 2018 agar dapat menjawab permasalahan daerah dalam hal kualitas data, keakuratan, kelengkapan, relevansi serta kesinambungan dan terkini yang bersumber dari berbagai instansi.

"Dengan adanya data yang akurat dan berkualitas ini, maka pemerintah dan masyarakat dapat memantau dan mengevaluasi kinerja pembangunan daerah dalam semua sektor sehingga lebih efektif dalam mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018