Sungailiat (Antara Babel) -   Korem 045/Garuda Jaya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung program pemerintah dalam mengembangan ketahanan melalui pemberdayaan pekarangan atau lingkungan  rumah prajurit.


Kasrem Letkol Inf Eko Prayitno, di Sungailiat, Jumat, mengatakan program ketahanan pangan di lingkungan Korem 045/Garuda Jaya merupakan implementasi tindak lanjut dari kesepakatan kerjasama antara TNI AD dengan Kementerian Pertanian yang sudah ditandatangani kedua belah pihak.


"Pembangunan di sektor pertanian secara umum menjadi lebih penting dilakukan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional," jelasnya.


Ketahanan pangan yang dilakukan prajurit TNI AD Korem 045 kata dia, selain melakukan penanaman sejumlah jenis tanaman pangan di  kantor dan rumah, sekarang sedang mulai mengembangkan kolam ikan air tawar di pekarangan yang sama.


"Mengingat keterbatasan luas lahan, sebagian tanaman yang berhasil ditanam oleh prajurit menggunakan media polibag untuk jenis  cabai kriting, cabai besar, tomat, terong, kacang-kacangan  serta berbagai macam sayuran," katanya.


Dijelaskan, kegiatan menanam jenis tanaman dan sayuran sedang giat-giatnya di lakukan oleh prajurit TNI AD baik yang berada di wilayah Kodim 0413 Bangka, Kodim 0414 Belitung  maupun yang berada di satuan badan pelaksana Korem.


"Menanam pohon di pekarangan rumah ini selain untuk ketahanan pangan keluarga juga memberikan contoh kepada masyarakat untuk giat bertani walaupun tanah yang dimiliki sempit namun bisa diatasi dengan menggunakan polibag yang diletakkan di atas tanah dan dengan cara digantung," katanya.


Menurutnya, budidaya tanaman di pekarangan rumah ini juga membiasakan keluarga kita hidup hemat dan memberikan pedidikan cara menanam kepada putra-putri kita.

Pewarta: Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014