Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika? Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Rabu (19/9) relatif aman.

"Ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 1,25 meter," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Pangkalpinang, Nenden Wardani di Pangkalpinang, Selasa.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selatan Bangka dan Utara Bangka diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa 0,25 sampai 1,0 meter, sedangkan di Selat Karimata sekitar antara 0,25 sampai 1,25 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional waspada selama berada di perairan itu karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," katanya.

Di sisi lain BMKG masih mengimbau masyarakat mewaspadai potensi adanya awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 4 hingga 28 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan, dari Timur ke Barat Daya dan dari Tenggara ke Barat.

Pada kesempatan itu BMKG mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di beberapa pesisir pantai yang masih mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung diprakirakan dapat mencapai 2,43 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,41 meter, Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,18 meter, dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 2,00 meter.

Kemudian di pesisir Pantai Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,78 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,72 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka sekitar 1,70 meter.

"Oleh karena itu kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Nenden Wardani.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Babel sepanjang Rabu diprakirakan cerah berawan, berawan dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah terutama pada siang sampai sore hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi hampir di sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung terutama pada pagi dan siang hari.

Sedangkan hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan sekitarnya terutama pada siang sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 40 kilometer per jam dengan suhu 20 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 85 hingga 100 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018