Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto menghadiri simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis pagi yang melibatkan 800 personil kepolisian di daerah itu.

"Kegiatan ini dalam rangka persiapan pengamanan Pilpres dan Pilek 2019," kata Kabid Humas Polda Kepulauan Babel, AKBP Abdul Munim saat kegiatan simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan simulasi ini dihadiri Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto juga Kapolda, Gubernur, Ketua DPRD, KPU, Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memastikan persiapan kepolisian daerah mengamankan Pemilihan Presiden dan Legislatif 2019.

"Jumlah personil yang diturunkan sebanyak 800 personel gabungan Polda, Polres se-Kepulauan Babel dan tambah satu peleton prajurit TNI," ujarnya.

Menurut dia sebelum kegiatan pelatihan ini, Polda telah melatih personil dalam mengantisipasi dan menangani gangguan keamanan menjelang hingga setelah Pemilu 2019.

"Kami bersama TNI siap mengamankan pesta demokrasi tahun depan yang berjalan aman, lancar, tertib dan damai," katanya.

Namun demikian, pihaknya tetap melakukan sinergitas dengan masyarakat dalam menjaga kamtibmas selama proses rangkaian Pemilu 2019.

"Mudah-mudahan dengan kesiapan kepolisian menciptakan kondisi keamanan yang damai ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat menggunakan hak pilih memilih presiden dan wakil rakyat tahun depan," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018