Pangkalpinang, (Antara Babel) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengajak warga datang ke tempat pemunggutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu Legislatif 9 April 2014.

"Datang ke TPS menggunakan hak pilih untuk menentukan pemimpin lima tahun ke depan juga merupakan ibadah," kata Kepala Kesbangpol Babel, Hardi di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan, pada pemilu tahun ini Pemprov Babel menargetkan tingkat partisipasi warga sebesar 70 persen dari target secara nasional 75 persen.

"Kami berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan partisipasi warga menyukseskan pemilu nanti melalui sosialisasi, kerja sama dengan organisasi keagamaan, pemuda dan lembaga lainnya sekaligus untuk mencapai target partisipasi tersebut," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Kesbangpol juga mengajak semua elemen masyarakat termasuk partai politik dan caleg untuk menjaga kondisi yang kondusif menjelang pemilu.

"Sampai saat ini kondisi keamanan selama masa kampanye terbuka dan masa tenang cukup kondusif. Saya harap kondisi ini bertahan sampai bergulirnya waktu Pemilu Presiden nanti," ujarnya.

Menurut dia, situasi keamanan yang kondusif ini terjadi berkat keterlibatan semua pihak, termasuk peran aktif partai politik dan masyarakat.

"Saya harap dapat merawat kondisi keamanan yang baik ini. Kalaupun ada permasalahan, pihak-pihak terkait dapat menyerahkan penyelesaiannya kepada yang berwenang dan tidak terjebak dengan praktik main hakim sendiri," katanya.

Untuk itu, kata dia, warga diharapkan datang ke TPS dan menghindari main hakim sendiri dan kekerasan agar pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik, lancar dan aman.

"Apabila menemukan permasalahan atau pelanggaran yang memicu gangguan keamanan, warga diharapkan melaporkan kepada aparat kepolisian, penyelenggara dan pengawas pemilu agar ditangani dengan tepat dan cepat," ujarnya.

Pewarta: Oleh Aprionis

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014