Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Pemerintah Desa Bukit Kijang Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memanfaatkan lahan bekas penambangan bijih timah untuk mengembangkan peternakan sapi, guna meningkatkan kesejahteraan warga desa itu.

"Alhamdulillah saat ini perkembangan sapi lahan bekas tambang ini berjalan dengan baik, bahkan indukan sapi bantuan dari PT Timah sudah ada yang beranak," kata Kepala Desa Bukit Kijang Idryansyah di Pangkalpinang, Seasa.

Ia mengatakan saat ini jumlah sapi yang dikembangkan sebanyak 10 ekor merupakan bantuan dari PT Timah Tbk dan Bank Mandiri dalam upaya memberdayakan perekonomian warga Desa Bukit Kijang.
(babel.antaranews.com/Aprionis)

 "Saat ini kita bekerja sama dengan PT Timah Tbk sedang mengembangkan lahan bekas tambang seluas hektare untuk meningkatkan populasi ternak sapi di daerah ini," ujarnya.

Menurut dia selama ini lahan bekas tambang timah ini terbengkalai dan belum termanfaatkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat desa.

"Peternakan sapi di lahan bekas tambang ini dikelola kelompok tani, sehingga dapat memotivasi warga untuk beralih bekerja di tambang ke peternakan, pertanian dan perikanan yang lebih menguntungkan," katanya.
(babel.antaranews.com/Aprionis)

Ia menambahkan dengan adanya bantuan dan dorongan PT Timah ini mengembangkan peternakan sapi di lahan bekas tambang ini menambah pendapatan waarga, membuka lapangan pekerja baru dan pelestarian lingkungan di bekas tambang ini menjadi lebih baik.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Timah yang pemerintah desa dalam memberdayakan perekonomian dan kesejahteraan warga daerah ini," katanya.
     

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018