Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mempercepat pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam, guna meningkatkan pertumbuhan pembangunan dan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Pengembangan pelabuhan ini sangat penting, karena tumbuh kembangnya perekonomian daerah ini tergantung keberadaan pintu masuk barang jalur laut," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan saat ini pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam ke Pantai Batu Rusa masih dalam tahap kajian dan diharapkan 2020 pengembangan pelabuhan ini tuntas, sehingga dapat meningkatkan perdagangan antarpulau di daerah ini.

"Kalau pelabuhan ini hanya bisa tetap menerima kapal berkapasitas 2.500 gronsston, maka tidak akan ada pertumbuhan ekonomi di daerah ini," ujarnya.

Menurut dia selama ini kondisi Pelabuhan Pangkalbalam kurang memadai, tempat sandar kapal terbatas, mengalami kedangkalan sehingga mengganggu lalu lintas kapal penumpang dan barang di daerah ini.

"Jika kondisi pelabuhan masih seperti ini maka ketergantungan berbagai kebutuhan pokok masyarakat dan inflasi akan tetap tinggi," katanya.

Oleh karena itu, diharapkan Pemerintah Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka untuk mendukung pengembangan pelabuhan ini.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi, mengatakan pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam menjadi pelabuhan lepas pantai di Pantai Batu Rusa, Kabupaten Bangka akan mempercepat pembangunan dan perekonomian daerah itu.

"Selama ini kelemahan Provinsi Kepulauan Babel dalam mempercepat perekonomian yaitu belum memiliki pelabuhan yang baik. Oleh karena itu, pengembangan pelabuhan ini sangat bagus dan diharapkan dapat mempercepat pembangunan dan perekonomian masyarakat daerah ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018