Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang laut yang bisa mencapai 3,5 meter di Selat Karimata pada Sabtu (29/9).

Gelombang maksimum setinggi itu harus diwaspadai, karena dapat membahayakan keselamatan, kata prakirawan kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Pangkalpinang, Nenden Wardani di Pangkalpinang, Jumat.

Selain di Selat Karimata, BMKG juga mengimbau agar masyarakat atau nelayan mewaspadai gelombang maksimum yang dapat mencapai 3,0 meter di perairan Utara Bangka.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Selatan Bangka diprakirakan 0,25 sampai 1,0 meter, di Selat Gelasa 0,25 sampai 1,25 meter, di Utara Bangka 0,25 sampai 1,5 meter, sedangkan di Selat Karimata mencapai sekitar 0,25 sampai 1,75 meter.

Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Utara Bangka dan Selat Karimata dapat mencapai 3,0 sampai 3,5 meter, katanya.

Disisi lain BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar 4 sampai 38 kilometer per jam yang bergerak dari Timur Laut ke Barat Daya dan dari Timur ke Selatan.

Pada kesempatan itu BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di Kepulauan Bangka Belitung rata-rata masih di bawah dua meter, kecuali di Membalong Kabupaten Belitung yang mencapai 2,13 meter.

Pasang air laut di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,90 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,82 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,74 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,24 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,21 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka sekitar 1,14 meter.

Namun kami tetap mengimbau warga agar selalu waspada dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas, ujar Nenden Wardani.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Sabtu diprakirakan cerah berawan dan berawan.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 21 sampai 34 derajat Celcius dan kelembaban udara 40 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018