Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengelar pameran alat utama sistem persenjataan  (Alutsista) di terminal penumpang PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Pelabuhan Pangkalbalam, sebagai upaya mendekatkan diri dengan masyarakat di daerah itu.

"Kegiatan pameran ini dalam rangka memperingati HUT TNI ke-73," kata Komandan Pangkalan Angkatan Laut Provinsi Kepulauan Babel, Letkol Laut (P) Mohammad Taufik di Pangkalbalam, Kamis.

Ia menambahkan pameran Alutsista ini dilaksanakan secara bergilir, dimana tahun kemarin Angkatan Udara sebagai ketua panita dan tahun ini yang ditunjuk sebagai ketua panitia  Danlanal, tetapi tetap melibatkan semua matra baik dari Korem, Lanal maupun Lanud ikut serta bahu membahu bersama-sama melaksanakan peringatan ini.

"Rangkaian peringatan HUT TNI tahun ini sudah dimulai dari pagi diantaranya melaksanakan Anjangsana ke rumah para veteran, ziarah, pameran Alutsista dan Jumat (5/10) upacara yang akan diselenggarakan di halaman Kantor Gubernur Kepulauan Babel," jelasnya.

Menurut dia pelaksanaan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT TNI ke 73 ini dari akhir September lalu dengan melaksanakan Karya Bhakti di Bangka dan Belitung.

"Kita pada awalnya akan mengadakan panggung hiburan untuk para prajurit, tetapi mengingat saat ini negara sedang banyak berduka dan bencana di Bali, Lombok dan Palu, Donggala dan  kemarin Gunung Seputan sudah mulai erupsi, jadi kita putuskan untuk melaksanakan doa bersama untuk keselamatan teman dan saudara-saudara kita yang terkena bencana,," terangnya.

General Manager IPC Pangkalbalam, Nugroho Iwan Prasetyanto mendukung penuh pameran Alutsista, karena ini dibuka secara umum dimana dapat menjadi suatu ajang TNI dapat lebih mendekatankan diri dengan masyarakat awam dalam pengenalkan Alat Utama Sistem Persenjataan TNI.

"Kami menyediakan fasilitas berupa dermaga, terminal penumpang dan lapangan untuk menyukseskan pameran Alutsista ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018