Sungailiat (Antaranews Babel) - Pihak legislatif Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyarankan agar konsep pemekaran wilayah harus sempurna dengan mempertimbangkan banyak aspek.

Hal itu dikatakan Wakil DPRD Kabupaten Bangka, Rendra Basri di Sungailiat, Selasa, menyikapi masyarakat di Kecamatan Belinyu yang mengusulkan pemekaran tingkat kabupaten.

"Prinsipnya kami mendukung masyarakat di kecamatan itu yang menginginkan untuk dimekarkan menjadi tingkat kabupaten," katanya.

Namun kata dia, usulan tersebut harus melalui konsep yang sempurna sehingga dapat terwujud sesuai dengan keinginan.

"Saya melihat konsep yang diusulkan masyarakat Kecamatan Belinyu untuk menjadi Kabupaten Bangka Utara masih belum terangkum dengan sempurna dan masih perlu dilakukan perbaikan," jelasnya.

Dukungan pemekaran wilayah tingkat kabupaten kata dia, ke depannya dapat mendorong terbentuknya wilayah Kabupaten Bangka menjadi Kota Madya.

Dia menyarankan adanya pemetaan dan kajian yang akurat daerah mana saja yang akan dimekarkan menjadi kecamatan dan desa, sehingga bisa menjadi dasar DPRD untuk menerbitkan memorandum pembentukan Kabupaten Bangka Utara.

"Tujuan pemekaran suatu wilayah adalah memberikan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu melalui kemampuan mengembangkan potensi yang ada," jelasnya.

Dia mengatakan, meminta agar pembentukan Kabupaten Bangka jangan dijadikan konsumsi politik tetapi mencari solusi terbaik agar Kabupaten Bangka Utara bisa segera terwujud.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018