Sungailiat, (Antara Babel) - Dewan Pendidikan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengaku optimistis tingkat kelulusan ujian nasional (UN) para siswa SLTA sederajat di daerah itu tercapai 100 persen.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bangka, Rusli HS di Sungailiat, Selasa, menyatakan pihaknya optimistis tingkat kelulusan UN 2014 di daerah itu mencapai 100 persen karena upaya mencapai target itu sudah dipersiapkan sejak awal.

"Masing-masing sekolah sudah mempersiapkan siswanya sejak awal mulai dari meningkatkan jam belajar siswa melalui les tambahan, menggelar sejumlah 'try out' sampai kegiatan lainnya yang menunjang kegiatan belajar untuk menghadapi UN," ujarnya.

Meski guru ikut menentukan kelulusan siswa karena 40 persen di antaranya berdasarkan nilai ulangan di sekolah dan hanya 60 persen berdasarkan hasil UN, namun ia berharap semua itu tetap ditentukan secara profesional sesuai dengan ketentuan yang ada.

"Harapan kita guru memberikan nilai benar-benar berdasarkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal ulangan di sekolah," katanya.

UN tingkat SLTA sederajat di Kabupaten Bangka diikuti lebih dari 2.000 siswa dan digelar di 44 sekolah yang tersebar di delapan kecamatan.

Ia berharap seluruh siswa dapat mengikuti UN hingga hari terakhir pada Rabu (16/4).

"Saya minta seluruh peserta UN dapat mengikutinya sampai dengan selesai, kerjakan seluruh soal dengan penuh konsentrasi, jangan terburu-buru meninggalkan ruang, manfaatkan waktu semaksimal mungkin," katanya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014