Toboali,Babel (Antaranews Babel) - Wakil Bupati (Wabup) Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riza Herdavid melakukan pemantauan langsung pelaksanaan tes CPNS, guna memastikan pelaksanaannya pada hari pertama berjalan lancar dan jujur.

"Hari ini saya hanya mengecek bagaimana proses pelaksanaan yang sedang berlangsung sekaligus memotivasi peserta agar penuh keyakinan dalam melaksanakan tes ini," katanya, usai melakukan pemantauan Tes CPNS di SMAN 1 Toboali, Senin.

Ia mengatakan dari peninjauan kali ini ada beberapa kendala dalam pelaksanaan CPNS hari pertama, yakni server mengalami gangguan dan kekurangan daya listrik untuk menyalakan pendingin ruangan.

"Kendala pada hari pertama ini ada server yang sempat mengalami gangguan, namun sudah diperbaiki dan tadi saya sudah meninjau ke ruangan dan situasi kurang sejuk, ini ditakutkan akan mengganggu konsentrasi peserta, untuk itu kami akan berkoordinasi secepatnya dengan PLN untuk meminta bantuan dukungan daya dengan genset agar pendingin ruangan bisa berfungsi," katanya.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan CPNS kali ini, khusus di Bangka Selatan dipastikan akan berjalan adil, bersih dan transparan, karena untuk mendapatkan ASN yang berkualitas harus melalui jalur yang benar benar baik.

Meskipun demikian, ia tidak menampik ada beberapa oknum yang mencoba memanfaatkan momentum ini. Namun, Wabup menegaskan, tidak ada jalur titipan dalam pelaksanaan tes CPNS ini, baik siapapun itu.

Saya memastikan dan menjamin pelaksanaan tes 100 persen berjalan adil, apalagi tes langsung dengan sistem digital, jadi tidak akan bisa titip menitip, baik siapapun itu, jika masyarakat mengetahui adanya informasi soal kejanggalan dalam pelaksanaan tes di Bangka Selatan segera sampaikan kepada saya bersama bukti, kami akan fasilitasi ke pusat, bila perlu kelulusan akan dianulir," katanya.

Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Bangka Selatan, Sumadi, mengemukakan, pelaksanaan tes CPNS di daerah itu akan dilaksanakan selama enam hari.

"Hari pertama tes akan dilaksanakan dengan dibagi menjadi tiga sesi dengan jumlah peserta sebanyak 420 peserta dan hari kedua sampai keenam akan dibagi empat sesi dengan jumlah peserta sebanyak 560 orang per hari,"katanya.

Menurutnya, dengan kualitas sumber daya masyarakat(SDM) saat ini, khususnya Bangka Selatan pihaknya optimis semua formasi akan terisi penuh.

"Hari ini ada beberapa orang peserta yang tidak hadir dengan tanpa keterangan dan secara otomatis gugur, namun jumlah pastinya belum kami rekapituasi," ujar Sumadi.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018