Pangkalpinang (Antaranews Babel) - PLN UP3 Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperbaiki penyulang yang "sakit" sepanjang 215 kilometer sirkuit (KMs) yang ada di Desa Teru, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah dengan melaksanakan program sehari pemeliharaan jaringan tuntas (SEPANTAS).
 
"Jadi hari ini kami lakukan sehari pemeliharaan jaringan tuntas di penyulang yang sudah masuk dalam kategori sakit, artinya di penyulang tersebut sangat sering terjadi gangguan listrik, sehingga harus diobati dengan dilakukan pemeliharaan secara tuntas,” kata Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bangka Eko Prihandana di Pangkalpinang, Kamis.
 
Penyulang merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebut jaringan distribusi listrik tegangan menengah yang berfungsi untuk menyalurkan energi listrik dari gardu induk ke gardu distribusi di satu wilayah tertentu.
 
Kegiatan diawali dengan melakukan apel yang dipimpin langsung oleh manajer UP3 Bangka serta melakukan pengecekan kesehatan dan kesiapan personil dalam menjalankan tugas. Selain itu dilakukan juga check list pemeriksaan terharap alat dan sarana prasarana kerja serta alat pelindung diri.
 
"Ingat semboyan kita, tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia, jadi safety adalah yang nomor satu," kata Eko memberikan arahan kepada personelnya sebelum memulai pekerjaan.
 
Program SEPANTAS ini meliputi pemeliharaan menyeluruh mulai dari sisi saluran udara tegangan menengah (SUTM), gardu, hingga faktor eksternal seperti pohon dan faktor eksternal lain. Sebelumnya pemeliharaan dilakukan secara parsial, malalui program ini pemeliharaan dilakukan secara menyeluruh.
 
"Diharapkan dengan adanya program ini dapat menurunkan tren gangguan yang sebelumnya 10 kali per bulan menjadi tidak ada gangguan sama sekali. Untuk melaksanakan program ini aliran listrik dihentikan sementara selama empat jam saja, dengan mengerahkan sebanyak 100 personel," katanya.
 
Dalam program ini, personel dibagi dalam beberapa tim yang mana satu tim terdiri atas dua orang eksekutor, satu orang ground man dan satu orang kepala regu.
 
Kegiatan pemeliharaan yang dilakukan sejak pukul 10.00 WIB – 14.00 WIB ini meliputi pemeliharaan jaringan sebanyak enam titik, pemeliharaan gardu empat titik, perampalan pohon 40 gawang, penggantian 25 tiang, dan pemindahan JTM, JTR dan SR sebanyak 25 titik.
 
Dalam setiap kegiatan pemeliharaan jaringan yang memerlukan penghentian sementara aliran listrik di rumah pelanggan, PLN selalu menginformasikan terlebih dahulu rencana pemeliharaan kepada pelanggan melalui pengumuman di media massa dan media sosial PLN Babel.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018