Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai pasang air laut dengan ketinggian lebih dari dua meter di beberapa pesisir Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada15 November 2018.

"Pasang air laut mencapai dua meter atau lebih harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan," kata prakirawan dari kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nenden Wardani di Pangkalpinang, Rabu.

Pasang air laut maksimum mencapai dua meter atau lebih berpeluang terjadi di Sungailiat, Kabupaten Bangka yang dapat mencapai 2,54 meter, di Membalong Kabupaten Belitung 2,42 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 2,07 meter.

Sedangkan pasang air laut maksimum di bawah dua meter dapat terjadi di pesisir Pantai Mentok, Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,90 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,83 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,77 meter dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,76 meter.

"Karena itu kami mengimbau warga dan wisatawan agar mewaspadai ketinggian pasang air laut dengan tidak? beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujarnya.

BMKG Kota Pangkalpinang juga memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar 0,25 sampai 1,25 meter dan relatif aman.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Utara Bangka antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selatan Bangka 0,25 sampai 1,0 meter, sedangkan di Selat Gelasa dan Selat Karimata sekitar 0,25 sampai 1,25 meter.

"Meski demikian, kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," kata Nenden.

Di sisi lain, BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi awan petir Cumulonimbus yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Babel antara 4 hingga 28 KM per jam yang bergerak dari Timur ke Barat Daya, dari Tenggara ke Selatan, dan dari Tenggara ke Barat Daya.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Babel sepanjang Kamis (15/11) diprakirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal serta hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Bangka Barat dan sekitarnya terutama pada malam sampai dini hari.

Hujan lokal berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Kepulauan Babel, terutama pada siang dan dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 30 KM per jam dengan suhu 22-32 derajat Celcius dan kelembaban udara 50 hingga 100 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018