Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang laut yang diprakirakan mencapai 4,0 meter di Selatan Bangka pada Jumat (16/11).

Gelombang maksimum setinggi itu harus diwaspadai, karena dapat membahayakan keselamatan, kata prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Pangkalpinang Omar Mukhtar di Pangkalpinang, Kamis.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan 0,25 sampai 0,75 meter, di Utara Bangka dan Selat Karimata 0,25 sampai 1,25 meter, di Selat Gelasa 0,25 sampai 1,5 meter, sedangkan di Selatan Bangka mencapai sekitar 0,75 sampai 2,0 meter.

Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Selat Gelasa dan Selatan Bangka diprakirakan dapat mencapai 3,0 sampai 4,0 meter.

Di sisi lain BMKG juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar 4-28 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Barat Daya, dari Tenggara ke Selatan, dan dari Tenggara ke Barat Daya.

Pada kesempatan itu, BMKG mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di beberapa pesisir pantai yang masih mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan dapat mencapai 2,47 meter dan di Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,37 meter.

Kemudian di pesisir Pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,99 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,73 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,72 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,68 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,68 meter.

"Oleh karena itu kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Omar Mukhtar.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Jumat (16/11) diprakirakan cerah, cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal serta hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah terutama pada malam sampai dini hari.

Hujan lokal berpeluang terjadi di beberapa wilayah Kepulauan Bangka Belitung terutama pada siang, malam dan dini hari.

Sedangkan hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka, Bangka Barat, dan wilayah sekitarnya terutama pada malam sampai dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 22-32 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 100 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018