Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Maulan Aklil (Molen) dan Muhammad Sopian resmi menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pangkalpinang setelah dilantik Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kamis pagi.
 
"Dengan telah dilantiknya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pangkalpinang ini, diharapkan dapat langsung bekerja untuk memajukan Pangkalpinang," ujar Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat memberikan sambutan pada acara pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pangkalpinang.
 
Menurutnya permasalahan di Kota Pangkalpinang seperti banjir dan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab Pangkalpinang saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama baik itu pemprov dan pemkab tetangga.
 
"Untuk itu, penting bagi wali kota yang baru untuk meningkatkan kerja sama dan terus berkoordinasi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di Pangkalpinang," katanya.
 
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan akan langsung bekerja mulai hari ini juga untuk memajukan Kota Pangkalpinang menjadi lebih baik lagi dan memenuhi apa yang menjadi janji politik saat kampanye kemarin.
 
"Kami akan langsung melayani masyarakat Kota Pangkalpinang dan mewujudkan Kota Pangkalpinang menjadi kota beribu senyuman. Inilah yang menjadi target awal kami setelah dilantik," ujarnya.
 
Dikatakannya, dari awal sudah disampaikan setelah dilantik akan langsung berkerja agar apa yang menjadi target dapat segera tercapai.
 


Perkuat Internal 
 
Sementara untuk memajukan Kota Pangkalpinang menjadi lebih baik, Dirinya akan memperkuat internal terlebih dahulu untuk menyatukan visi dan misinya dengan ASN di pemerintahan kota itu.
 
"Dalam memajukan kota ini, saya akan mengajak seluruh ASN di Pemkot Pangkalpinang untuk bekerjasama agar apa yang menjadi janji politik dapat terealisasi secepatnya," ujarnya.
 

Ia menegaskan tidak akan mengkotak-kotakan ASN dan tidak akan menggolong-golongkan mereka semua dalam membangun Kota Pangkalpinang, 

"Bagi saya mereka semua sama. Namun ada tiga hal yang akan saya cari dari mereka, yaitu mencari orang yang pintar, memiliki terobosan dan loyal kepada saya. Apabila tiga hal ini mereka lakukan, maka akan saya pakai mereka untuk bekerjasama dalam memajukan Kota Pangkalpinang," katanya.
 
Selain itu, dirinya juga memohon bantuan kepada masyarakat Pangkalpinang dalam menyelesaikan semua permasalahan yang ada di kota itu.
 
"Pangkalpinang ini merupakan gerbang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, banyak permasalahan yang ada disini, sehingga tanpa dukungan dari masyarakat Pangkalpinang, hal ini tidak dapat kita dilaksanakan," katanya.



Secepatnya Realisasikan Janji Politik
 

Setelah menjabat sebagai Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) juga akan secepatnya menyelesaikan janji-janji politik dalam program 100 hari kerja setelah resmi dilantik menjadi wali kota.
 
"Untuk program 100 hari kerja, saya akan merealisasikan janji-janji politik. Saya yang pasti dari janji itu Insyaa Allah saya ingin menjadi pemimpin yang amanah," katanya.
 
Ia mengatakan, yang menjadi fokus 100 hari kerja yaitu menguatkan internal agar bisa menyamakan visi dan misi untuk membangun Pangkalpinang.
 
"Saya bukan superman, untuk itu saya perlu super tim. Saya tidak peduli dia dari mana dan apa latar belakangnya, yang penting dia punya integritas, terobosan, loyalitas dan pintar," katanya.
 
Selain itu, dalam membangun Kota Pangkalpinang, dirinya juga ingin berintegrasi dengan media, karena pemerinta tidak mungkin berkerja tanpa bantuan media.
 
"Peran media sangat dibutuhkan sebagai kontrol dalam setiap kebijakan yang dikeluarkan dalam membangun Kota Pangkalpinang," ujarnya.
 
 
Mengenai masalah banjir dan sampah, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemprov dan pemkab tetangga yang berbatasan dengan Pangkalpinang.
 
"Mengenai masalah banjir, Pangkalpinang tidak bisa bekerja sendiri. Banjir harus diselesaikan secara berintegrasi. Jadi pangkalpinang harus bekerjasama dengan kabupaten yang berhubungan, tentunya dengan nakhodanya Gubernur Babel," katanya.
 
 

Buka Pintu Rumah Tampung Aspirasi
 

Agar bisa secara langsung menampung aspirasi dan keluhan dari masyarakat, Molen akan membukakan pintu rumah satu hari penuh untuk umum setiap pekan.
 
"Rumah saya satu hari dalam sepekan akan terbuka untuk umum dan saya buka itu untuk masyarakat datang ke rumah dinas untuk menyampaikan apa yang menjadi keluhan mereka," katanya.

Ia mengatakan, hal itu dilakukan karena kesibukannya sebagai wali kota, sehingga memiliki waktu yang terbatas untuk membuka media sosial, telepon dan sebagainya.

"Untuk itu, program buka pintu rumah sehari untuk umum ini diharapkan dapat dimaksimalkan masyarakat yang memiliki keluhan maupun aspirasi yang mau disampaikan kepada saya. Pintu rumah akan terbuka setiap Sabtu atau Minggu," katanya.

Mengenai rumah dinas yang berada di kawasan Alun-Alun Taman Merdeka, akan segera Ia tempati jika rumah dinas tersebut sudah selesai direnovasi.

"Saya akan tinggal di rumah dinas yang berada di ATM. Saya mau tinggal disitu, tidak perlu mewah yang penting nyaman dan rumah tersebut bisa menjadi marwah Kota Pangkalpinang seperti dulu lagi," katanya.
     


Gelar Silaturrahmi dan Syukuran Bersama Masyarakat Pangkalpinang
 

Setelah resmi dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pangkalpinang, Molen dan Sopian, Kamis malam (15/11) menggelar silaturrahmi sekaligus syukuran bersama masyarakat yang ada di daerah itu.

Acara yang dilaksanakan di rumah Dinas Walikota Pangkalpinang itu di hadari oleh ribuan masyarakat kota Pangkalpinang. Dalam kesempatan itu, Molen memperkenal langsung keluarganya kepada tamu undangan yang hadir.
 

Tak hanya memperkenalkan keluarganya, Molen pada kesempatan itu juga mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada didaerah itu untuk bersama-sama dalam membangun ibu kota Provinsi Bangka Belitung menjadi lebih baik.

"Saya bersama bapak Sopian tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat kota Pangkalpinang. Untuk itu kami minta kepada seluruh masyarakat bantu kami dalam membangun kota Pangkalpinang ini menjadi lebih baik," katanya.
 
Selain itu, Dirinya juga meminta kepada masyarakat agar mengingatkan mereka akan janji-janji politik kami sewaktu kampanye kemaren. Karena mereka ingin menjadi pemimpin yang amanah untuk lima tahun kedepan.
 

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat kota Pangkalpinqng agar melaporkan setiap ada permasalahan di lingkungan masyarakat kepada dirinya. 

"Jika ada permasalahan dimasyarakat silahkan datang ke rumah dinas ini, karena saya akan tinggal disini, dan saya akan dengar aspirasi masyarakat demi mewujudkan Pangkalpinang menjadi lebih baik," kata Molen kepada tamu undangan.
 
Dikatakannya, dalam program kerjanya nanti ia akan membuat suatu program yang bisa mengena langsung kepada masyarakat kota Pangkalpinang.
 

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018