Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian pasang air laut di beberapa kawasan pesisir pantai Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Selasa (20/11) relatif normal.

"Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Kepulauan Babel rata-rata di bawah dua meter, kecuali di Membalong Kabupaten Belitung mencapai 2,10 meter," kata prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Evi Diana P di Pangkalpinang, Senin.

Ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 1,81 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,66 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,50 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,04 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 0,92 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 0,67 meter.

"Namun kami tetap mengimbau agar warga atau wisatawan waspada karena ketinggian pasang air laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung cuaca dan kecepatan angin," katanya.

Pada kesempatan itu, BMKG juga memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar 0,25 sampai 0,75 meter dan relatif aman.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Selaan Bangka antara 0,25 sampai 0,5 meter, sedangkan di Selat Gelasa Utara Bangka, dan Selat Karimata sekitar antara 0,25 sampai 0,75 meter.

"Meski demikian, kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," ujar Evi Diana P.

Disisi lain BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi awan petir Cumulonimbus yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar 4-30 kilometer per jam yang bergerak dari Barat Daya ke Barat Laut, dari Barat Laut ke Timur Laut, dan dari Barat ke Utara.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Selasa diprakirakan berawan dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah terutama pada dini hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung terutama pada pagi, siang, dan dini hari.

Sedangkan hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan dan sekitarnya terutama pada dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 22-31 derajat Celcius dan kelembaban udara 70 hingga 100 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018