Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejalan dengan visi dan misi Bangka Sejahtera dan Mulia (Bangka Setara).

"Hal ini sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Bangka yakni Bangka Sejahtera Setara," kata Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Hukum dan Politik, Restunemi di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan, visi dan misi tersebut yakni mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih dan berbasis teknologi informasi, mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas, mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur antar wilayah, mewujudkan gerbang kota dan pariwisata berskala internasional serta mewujudkan perekonomian daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Menurut dia, sasaran BBGRM Kabupaten Bangka tahun 2018 diantaranya meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan, meningkatkan kemitraan masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan dan meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab masyarakat terhadap hasil pembangunan.

"Puncak acara gerakan nasional BBGRM untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan," katanya.

Diharapkannya dengan jiwa dan semangat serta rasa kebersamaan yang telah turun temurun dan mengakar senantiasa menjadikan masyarakat hidup rukun dan damai, bahu membahu membangun kehidupan bersama dalam keanekaragaman.

Kegiatan ini juga untuk memperkuat kesadaran bersama tentang peran masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara, Kepala Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa, Arman Agus, mengatakan kegiatan BBGRM Kabupaten Bangka tahun 2018 dilaksanakan berpedoman dan berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005.

"Kita juga berpedoman dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Nomor 188/45/217 tahun 2018 tentang Pelaksanaan Panitia dan Penyelenggaraan BBGRM Kabupaten Bangka," kata Arman Agus.

Ditambahkannya BBGRM Kabupaten Bangka tahun 2018 ini dilaksanakan mulai dari badan perwakilan desa, pemerintahan desa, pemerintahan kecamatan, pemerintahan kelurahan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat.

BBGRM bertujuan untuk menggerakan kebersamaan semua pihak dalam rangka mewujudkan kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan rasa gotong royong masyarakat.
  
Kegiatan juga dilaksanakan pemberian penghargaan juara lomba tekhnologi tepat guna (TTG) dan badan usaha milik desa (BUMDes) terbaik tingkat Kabupaten Bangka tahun 2018 diantaranya Yulianto, penemu mesin pelobang plastik mulsa untuk tanaman sayur-sayuran. Suripto, penemu alat pencuci pada (Acida). Idiar, penemu mesin pemanen singkong kasesa. Zulfan Yus dan Andi, penemu mesin pengering lakso. Sugiarto, penemu mesin pemotong keripik sukun. M Kevin dan Marcelino, penemu mesin pemantau ketinggian air berbasis nodemcu menggunakan smartphone android dan ios.

Juara lomba BUMDes Kabupaten Bangka tahun 2018 BUMDes Cipta Panca Desa Cit, Riau Silip, BUMDes Akek Layak Desa Bakam, Bakam. BUMDes Pagaralam Desa Pagarawan, Merawang. BUMDes Kenaka Jaya Desa Labu, Puding Besar. BUMDes Maju Bersama Desa Air Duren, Mendo Barat. BUMDes Pemali Sejahtera, Desa Pemali.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018