Koba, (Antara Babel) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bangka Tengah menang dalam perolehan suara calon anggota legislatif untuk DPRD Provinsi Bangka Belitung.

Data hasil rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Tengah, Minggu, mencatat PDIP meraih 23.518 suara dari enam kecamatan yang ada di daerah itu.

Dengan demikian, partai yang dipimpin Megawati Soekarno Putri ini berhasil menempatkan dua kadernya untuk duduk di DPRD Provinsi Bangka Belitung.

Perolehan suara dan kursi tersebut meningkat dibanding pemilu legislatif 2009 yang hanya mampu menghantarkan satu kadernya ke gedung DPRD Provinsi Bangka Belitung.

Sementara di posisi dua perolehan suara terbanyak diraih Partai Golongan Karya (Golkar) dengan perolehan 15.665 suara dan hanya mampu mendapatkan satu kursi di DPRD provinsi.

Kemudian disusul Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan perolehan 11.903 suara, Partai Amanat Nasional (PAN) 4.588 suara, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 4.060 suara.

Selanjutnya Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 3.804 suara, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 3.689 suara, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) 3.628 suara, Partai Demokrat 3.222 suara.

Disusul PKS sebanyak 2.710 suara, PBB sebanyak 2.365 sara dan PKPI sebanyak 75 suara sehingga total suara sah 79.222 suara.

Dari akumulasi tersebut, PDI-P berhasil menghantarkan dua kandidatnya di DPRD Provinsi Babel, yakni Didit srigusjaya nomor urut 1 dan Adet mastur nomor urut 2.

Kemudian Partai Golkar menghantarkan Ahmad mughni nomor urut 1, PPP menghantarkan Azwar Helmi nomor urut 2 dan PAN menghantarkan Abdul bakar nomor urut 1 serta PKB menghantarkan M. Tanwin nomor urut 1.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014