Pangkalpinang (Antaranews Babl) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membentuk posko angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal.

"Posko ini akan mulai dioperasikan pada Selasa (18/12) hingga awal 2019," kata Kepala KSOP Pangkalbalam Izuar di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan pembentukan posko angkutan Natal dan Tahun Baru itu lebih cepat dibandingkan tahun lalu dan ini berdasarkan surat edaran dari Kementerian Perhubungan, dalam upaya meningkatkan pelayanan, keamanan, kenyamanan calon penumpang di terminal pelabuhan.

Personel posko angkutan lebaran ini merupakan gabungan instansi terkait di pelabuhan diantaranya Pelindo, Balai Karantina Pertanian, Bea Cukai, Kesehatan Pelabuhan, Imigrasi, Polda, Dinas Perhubungan Provinsi Babel dan instansi terkait lainnya.

"Penumpang kapal diperkirakan meningkat menjelang Natal dan tahun baru tahun ini," katanya.

Oleh karena itu, kata dia pihaknya membentuk posko pengamanan dan menyiagakan tujuh unit kapal angkutan Natal guna mengantisipasi lonjakan calon penumpang kapal ini.

"Saat ini keberangkatan dan kedatangan calon penumpang di pelabuhan masih normal dan keamanan kondusif," ujarnya.

Ia mengimbau calon menumpang untuk tetap meningkatkan kewaspadaan, tidak menggunakan perhiasan, barang bawaan yang berlebihan agar terhindar dari kejahatan.

"Kami mengimbau calon penumpang untuk melapor ke petugas posko jika mengalami tindak kejahatan seperti pemerasan, pencurian dan lainnya," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018